Didi Kempot dan Sosok di Balik Kesuksesannya

by Rivai Hidayat
Didi Kempot

Siapa yang tidak mengenal sang maestro campursari Didi Kempot? Tidak hanya para orang tua, generasi milenial juga sangat mengenal sosok Didi Kempot. Penyanyi yang mendapat julukan The Godfather of Broken Heart dari netizen Indonesia ini sudah menciptakan ratusan lagu. Lagunya tidak hanya populer di Indonesia, namun juga di luar negeri. Kesuksesan yang diraih oleh Didi Kempot tentu saja tidak lepas dari dukungan orang-orang di sekitar, salah satunya adalah Mamiek Prakoso.

Didi Kempot

Didi Kempot

Mamiek Prakoso: Teman Sekaligus Motivator Bagi Didi Kempot

Mamiek Prakoso merupakan kakak Didi Kempot. Umur keduanya berjarak lima tahun. Selain sebagai kakak, Mamiek juga menjadi teman ketika belajar seni pada ayah mereka, yaitu Ranto Edi Dudel atau Mbah Ranto yang berprofesi sebagai pemain ketoprak. Darah seni yang menurun dari sang ayah kepada keduanya diasah dengan sangat baik. Setiap hari mereka berdua diajak sang ayah ikut latihan. Keduanya selalu memperhatikan apa yang dilakukan oleh sang ayah. Mulai dari pentas, bermain musik, melawak, hingga membuat lagu. Tidak hanya itu, Mbah Ranto juga memberikan wejangan pada Mamiek dan Didi mengenai dunia seni.

Seiring berjalannya waktu, kakak beradik ini tumbuh sebagai seorang seniman. Mamiek Prakoso menjadi pelawak di grup lawak Srimulat dan Didi menjadi seorang penyanyi dan pencipta lagu. Meskipun berbeda jalur seni, mereka berdua selalu mendukung satu sama lain. Hal itu bisa terlihat ketika Mamiek yang saat itu selesai pentas bersama Srimulat mengenalkan Didi dengan orang Suriname. Hasilnya Didi diundang untuk konser di Suriname. Ini merupakan konser pertama Didi di luar negeri. Di negara Suriname juga banyak warga keturunan Jawa. Tentu saja hal ini seperti bertemu dengan saudara sendiri di negara orang.

Baca Juga: Situ Cileunca: Tempat Menikmati Pagi di Pangalengan

Tidak hanya itu, Mamiek juga sering memberikan penilaian terhadap lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Didi, salah satunya adalah lagu ‘Pantai Klayar’. Mamiek bilang jika lagu tersebut bagus dan bakal terkenal. Lagu yang mengambil salah satu pantai di Kota Pacitan itu memang sangat dikenal publik, khususnya para Sobat Ambyar. Sebutan bagi penggemar Didi Kempot. Lagu ‘Pantai Klayar’ bercerita tentang rasa rindu seseorang yang ingin berjumpa dengan pacarnya.

Mamiek sejak kecil sudah sangat peduli terhadap orang lain, terutama kepada Didi. Jika sedang makan, Mamiek sering mengalah dan memberikan lauknya kepada Didi. Mamiek menginginkan adiknya menjadi seseorang yang baik. Sosok Mamiek tidak hanya sekadar menjadi kakak dan teman Didi, namun juga sebagai pengkritik dan penggemar berat Didi, bahkan hingga beranjak dewasa.

Pada tanggal tanggal 3 Agustus 2014, Mamiek Prakoso menghembuskan napas terakhir. Meninggalkan sang adik untuk selamanya. Sebelum meninggal dunia, Mamiek menasehati dan menguatkan Didi Kempot untuk terus berkarya. Selain itu, Mamiek juga meminta Didi untuk mengawasi anak-anaknya.

Jika Mbah Ratno dianggap sebagai guru besar yang membentuk Mamiek dan Didi menjadi seorang seniman, maka Mamiek menjadi seorang motivator bagi Didi untuk terus memberikan yang terbaik dalam berkarya. Kepergian sosok guru besar dan motivator tidak membuat Didi larut terlalu lama dalam kesedihan. Dia kembali bersemangat untuk terus berkarya dan menciptakan lagu dalam bidang musik.

Dipilih Menjadi Brand Ambyarssador Shopee Indonesia

Puncaknya terjadi pada tahun 2019, karya-karya Didi Kempot dikenal dan banyak dinyanyikan oleh para generasi milenial. Mereka semua seolah-olah terasuki oleh lagu-lagu tersebut. Mulai dari lagu Layang Kangen, Cidro, Pantai Klayar, Kalung Emas, Suket Teki, hingga Pamer Bojo. Lagu-lagu tersebut mewakili para Sobat Ambyar yang pernah ambyar hatinya.

Didi Kempot

Brand Ambyarssador Shopee

Oleh sebab itu, Didi Kempot diangkat menjadi The Godfather of Broken Heart. Kemudian pada bulan Desember 2019, Shopee mengajak Didi Kempot untuk menjadi brand ambyarssador Shopee Indonesia. Didi Kempot dianggap sebagai salah satu sosok yang paling menonjol dalam dunia musik tradisional khas Jawa, campursari.

Didi Kempot

Men Sale Shopee

Sebagai brand ambyarssador terbaru, Didi Kempot jadi wajah untuk kampanye diskon 2.2 Men Sale di Shopee yang berlangsung selama bulan Januari sampai Februari 2020. Selain menawarkan promo diskon hingga 50% dan juga tentunya yang tak pernah ketinggalan, gratis ongkir, ada pula promo spesial produk-produk pria pilihannya seperti Shopee Super Brand Day, Fashion Pria Day, Pulsa, Tagihan & Tiket Day, dan masih banyak lagi.

Leave a Comment