Menikmati Sunrise di Posong: Sunrise Pertama di Tahun 2019

Jalan-Jalan , Jateng , keliling desa , Posong , Temanggung Feb 18, 2019 No Comments

“Setelah ini mau lanjut ke mana?” tanya Memet kepada kami.

“Aku ngikut mau ke mana aja.” Jawabku singkat
“Okee, kita ke Temanggun aja. Sunrise-san di Posong”
“Oke, ayo kita berangkat.”

Sekitar pukul 01:30 kami bergegas menuju Posong menggunakan mobil Memet. Meskipun malam tahun baru, jalanan lintas Semarang ke Temanggung via Magelang terlihat sangat lengang. Sesuai perkiraan kami daripada melewati jalur via Bandungan yang seringkali padat dengan orang-orang yang merayakan malam pergantian tahun. Kawasan Bandungan masih jadi tempat favorit untuk menikmati malam pergantian tahun.

Sunrise Posong

Kabupaten Temanggung memang belum sepopuler Kabupaten Wonosobo yang terkenal dengan dataran tinggi Dieng. Namun, Kabupaten Temanggung memiliki destinasi wisata yang menawarkan pertualangan yang seru. Mulai dari gunung, curug atau air terjun, bukit, dan wisata alam. Jika Wonosobo memiliki Bukit Sikunir, Temanggung memiliki Posong untuk menikmati sunrise. Posong merupakan lokasi wisata alam yang berada di Tlahab, Klendung, Kabupaten Temanggung. Posong merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Selain itu, Kabupaten Temanggung juga merupakan penghasil kopi dan tembakau dengan kualitas yang baik.
Baca Juga: Berkeliling Palembang Selama Satu Hari

Area perkebunan yang ada di kawasan Posong

Hawa dingin kawasan pegunungan mulai kami rasakan. Kami tiba di di loket Posong sekitar pukul 03:45, masih terlalu pagi sehingga kami memutuskan singgah di salah satu basecamp pendakian Gunung Sindoro untuk numpang beristirahat. Suara adzan Sholat Subuh terdengar dari masjid yang berada di seberang basecamp. Aku dan Kus bergegas ke masjid untuk melaksanakan Sholat Subuh terlebih dahulu. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Posong.


Jalan di kawasan Posong

Setelah membayar tiket di loket masuk, mobil mulai menyusuri jalanan berbatu yang menanjak dan sempit. Sehingga ketika ada mobil berpapasan, salah satu mobil mesti menepi atau mencari ruang yang cukup longgar agar mobil di depannya bisa lewat. Jalanan yang menanjak dan berbatu terkadang menyulitkan para pengendara. Mungkin ini bisa jadi saran kepada pengelola dan pemerintah daerah setempat untuk memperbaiki akses jalan menuju Posong. Minimal jalan dilebarkan demi kenyamanan dan keamanan pengunjung.
Baca Juga: Trekking Gunung Andong

Inilah salah satu hasil ke-embuh-an kami semua. Di saat yang lain memiliki acara untuk tahun baruan, kami hanya ngobrol ngalor ngidul ga jelas. . Terus celetukan tak berfaedah membawa kami ke Posong, Temanggung untuk menikmati sunrise pertama di tahun 2019. Sunrise-nya cukup hangat, sehangat sikapmu, dek..!!! . Ini aku upload fotonya dulu. Untuk artikelnya bisa dibaca di www.masvay.com pada besok lusa. Nanti linknya bisa diklik di bio. Ayo gaes @kuspriyatna @antawecana @_onnot @julfikar @acheraisa0201 Kalian (jangan) ikutan #GiveAwayBPS biar aku aja yang menang. Jangan lupa follow mereka juga yaa 😛 @backpacker_semarang @basiliagroup @ellannaclarke @ojekexploresemarang #6thAnnivBPS #ojekexploresemarang #BackpackerSemarang #GiveAwayBPS #sunrise #storyofrivai #livefolk #basiliagroup #liveauthentic #storyteller #blogger #likeforfollow #fff #instagram
A post shared by Rivai Hidayat (@rivaihidayat) on

Matahari belum terbit ketika kami tiba di Posong. Kami masih memiliki waktu untuk mencari lokasi yang tepat untuk menikmati matahari terbit. Pagi itu Posong cukup ramai dengan para pengunjung yang ingin menikmati terbitnya matahari pertama di tahun 2019. Pengunjung tidak hanya dari Temanggung dan sekitarnya, namun juga dari luar kota. Seperti Semarang, Jakarta, Bandung, Jogja, dan Surabaya.


Warung yang ada di Posong

Selain menara pandang, di Posong juga disediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung. Seperti lahan parkir yang luas, warung, area taman, mushola, gazebo, toilet, area berkemah dan lahan perkebunan warga yang tersebar di sepanjang perjalanan. Ada beberapa area berkemah di Posong. Di area berkemah dekat warung dan bukit di seberang. Menurutku, area berkemah yang berada di bukit seberang memiliki pemandangan yang bagus. Langsung terlihat Gunung Sumbing dan beberapa gunung lainnya. Lokasinya memang terbuka, hanya terdapat sedikit perpohonan. Namun cukup berbahaya jika terjadi badai yang disertai dengan petir.
Baca Juga: Menyapa Kota Pagaralam

Area camping
Jika ingin mendapatkan pemandangan golden sunrise di Posong, datanglah ketika musim kemarau. Karena pada musim itu matahari memiliki pancaran sinar yang bagus dan terkadang menghasilkan lautan awan. Ketika musim hujan, seringkali pengunjung hanya mendapatkan kabut. Sudah siap untuk menikmati sunrise di Posong?

Taman Wisata Alam Posong
Dusun Tlahab, Kledung
Kabupaten Temanggung.
Jam Operasional : 04:00-16:30 WIB
Tiket Masuk : Rp 10.000/orang

Rivai Hidayat

0 Comments

  1. Wah, Posong.. Udah beberapa kali rencana mau ke sana gak jadi-jadi.. Terlebih musim hujan, jadi males.. Soalnya kemungkinan sampai disambut mendung gede.. haha

    Semoga awal kemarau ini bisa ke sana…

  2. datangnya pas kemarau saja mas. biasanya sunrisenya lebih bagus dan tentunya saja suhunya lebih dingin.

  3. Rencana begitu.. Tapi jauhnya Solo-Wonosobo/Temanggung g ketulungan juga.. haha

  4. Dedew

    Pengen ke sana, pemandangannya emejing ya, nunggu matahari bersinar cerah dulu baru piknik, kalau sekarang rasanya mager hahaha

  5. Iyaa mbak, nunggu musim kemarau dulu 😀
    Kalau sekarang nabung dulu, sekalian mager..hahaha

  6. Iyaa mas…lumayan jauh juga. Semakin jauh bisa semakin berkesan dalam perjalanan mas…hahaha

  7. Indah banget. Pengen kesana jadinya, pasti sejuk banget

  8. pastinya mbak. Jadi sebaiknya jangan lupa untuk membawa jaket.

  9. Posong sekarang ngeri tampilannya. Hahahaha, aku terakhir ya pas ngecamp di sini.

  10. sudah mulai ditata mas. semoga ga perlu pakai love-love segala..hahahhhaa

  11. posong, wahh aku pengen banget kesana dari dulu. blm sempet2

  12. ayo kesana pas musim kemarau mas biar mendapatkan sunrise yang bagus 😀

  13. Dulu pernah ke Posong buat camp pas tahun 2015. Masih sepi, belum dipasang tulisan segede gaban kayak sekarang. Yang ada cuma gazebo aja.
    Pas sunrise emang bener bener cakep ya. Apalagi background kanan kiri gunung Sindoro Sumbing.

  14. yaa tampilaan sekarang mengikuti perkembangan zaman. yaa walaupun kurang pas. heheehee
    Sunrise posong memang salah satu yang bagus. Apalagi suasana paginya. bikin mager 😀

  15. Waah beruntung dirimu kesampaian lihat sunrise, mas Rivai …, aku kesananya malah telat huhuhu 🙁

  16. Berburu sunrise memang ga cuma niat aja mas. Tapi juga mesti bangun pagi, atau mungkin ga menghabiskan waktu dalam perjalanan agar tidak ketinggalan menikmati sunrise 😀

  17. Iya.. Betul.. Masalahnya mesti pagi-pagi banget..
    Ngantuk jadi musuh utamanya.. haha

  18. vanisa

    sha udah pernah ke posong, waktu itu sore-sore. Dan hujan. supeeeer dingin 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *